Kamis, 23 Desember 2010

Cichlid

Cichlid atau yang biasa disebut dengan siklid adalah jenis atau family ikan yang sangat beragam spesiesnya,kurang lebih ada 1300 spesies yang sudah diidentifikasi,sedangkan masih banyak yang belum diidentifikasi.Sehingga diperkirakan ada 1300 sampai 3000 spesies dikeluarga cichlid ini.Ukurannya pun sangat beragam,ada yang panjang maksimumnya hanya 5cm sampai satu meter.
secara wilayah penyebarannya cichlid dibagi menjadi dua yaitu afrika dan amerika,tapi baru-baru ini ada satu spesies cichlid yang ditemukan diIndia.Diafrika sendiri dikelompokkan berdasarkan danau habitatnya yaitu tangayika,malawi dan victoria.Sedangkan untuk diamerika dibedakan berdasarkan wilayahnya,yaitu amerika selatan dan amerika tengah dan utara.
Karena warnanya yang sangat indah ikan ini sering disebut juga pelangi dbawah air,karena hal itu pula ikan ini sangat diminati untuk dipelihara sebagai ikan hias.




 sumber : wikipedia.com,aquahobby.com sedangkan gambar dari google diantaranya aquahobby.com,dainichi.com,sciencefriday.com,wikimedia.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar